Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan HP Vivo Y95

Vivo Y95 muncul sebagai HP penutup tahun 2018 dari Vivo Indonesia bersamaan dengan saudaranya, Vivo 91. Kedua HP ini adalahHP ruang belajar low-end dari Vivo dengan target pasar pemakai budget phone yang memang menyasar HP ruang belajar murah namun berkualitas.

Karena keunggulan dan kelemahan Vivo Y91 telah dibahas, maka kini yang dibahas ialah Vivo Y95. Vivo Y95 muncul membawa sejumlah keunggulan dalam balutan body-nya yang lebar serta gradasi warnanya yang kece.

Yang digemari orang-orang dari ponsel ini ialah kapasitas baterainya yang besar serta keterampilan kamera belakang dan depannya yang bagus dalam dalam menciduk gambar. Walaupun demikian, ada sejumlah yang tidak banyak disesali oleh semua reviewer berhubungan absennya sejumlah hal urgen dan ketidaksesuaian antara harga dengan jeroan yang dibawa.

Benarkah seluruh hal ini? Jawabannya mungkin dapat kamu temukan di bawah ini. Sebelumnya periksa dulu spesifikasi singkat dari ponsel cerdas Vivo ini.

Spesifikasi Vivo Y95

  • Rilis: November, 2018
  • Layar: IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran Layar: 6.22 inches, 96.6 cm2 (~82.9% screen-to-body ratio)
  • Resolusi Layar: 720 x 1520 pixels, 19:9 ratio (~270 ppi density)
  • Chipset: Qualcomm SDM439 Snapdragon 439 (12 nm)
  • GPU: Adreno 505 CPU: Octa-core 1.95 GHz (2×1.95 GHz Cortex-A53 & 6×1.45 GHz Cortex A53)
  • Memori Internal: 4 GB RAM, 64 GB ROM
  • Memori Eksternal: microSD, up to 256 GB (dedicated slot)
  • Kamera Belakang: 13 MP, f/2.2, PDAF + 2 MP, f/2.4, depth sensor
  • Kamera Depan: 20 MP, f/2.0
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4030 mAh battery

Kelebihan Vivo Y95

1. Performa Cukup Oke

Ponsel Vivo Y95 didukung oleh chipset Snapdragon 439 dengan proses manufaktur 12 nm, CPU delapan inti, RAM 4 GB, dan GPU Adreno 505. Bagi menjalankan tugas-tugas sederhana, ponsel ini bisa melakukannya dengan baik dan lancar.

Penggunaan Snapdragon 439 juga dianggap menawarkan kinerja 25% lebih baik dikomparasikan dengan Snapdragon 430.

Jeroan Vivo Y95 lebih unggul dibanding saudaranya Y91 dalam urusan kapasitas kenangan yang dibawanya. Seri Y95, laksana yang sudah dilafalkan di atas, muncul dengan RAM 4 GB dan ROM 64 GB. Dengan demikian, performa yang ditawarkan oleh ponsel ini tidak banyak lebih tinggi dibanding Y91.

Saat dilaksanakan test benchmark, Vivo Y95 membukukan angka 80.871 guna skor AnTuTunya (skor AnTuTu Y91 ialah 79.212 guna 2 GB RAM dan 16 GB ROM dan jeroan yang sama).

Dengan hasil ini, kinerja Vivo Y95 kelihatannya tidak bertolak belakang jauh dengan Vivo Y91. Kamu bisa membuka sebuah software dengan cepat dan beralih ke software dengan lancar. Secara keseluruhan, tugas-tugas enteng dapat berjalan paling baik dengan ponsel ini.

2. Baterai Jumbo

Salah satu yang diunggulkan dari Vivo Y95 ialah baterainya yang jumbo dengan kapasitas 4030 mAh. Dengan daya sebesar ini, sudah dijamin bahwa ponsel Vivo Y95 bisa menemanimu lebih lama masing-masing harinya untuk pemakaian standar dan berfoya-foya seperti bermain game atau mengerjakan video streaming.

Jika anda orang yang mempunyai mobilitas yang tinggi di luar ruangan, ponsel ini sesuai untuk mendampingi kegiatanmu yang padat. Berdasarkan keterangan dari uji ketahan baterai yang dilaksanakan oleh Yugatech, Vivo Y95 dapat bertahan sampai 18 jam dan lima menit saat dipakai untuk memutar video dengan penataan 50% volume suara, 50% tingkat kecerahan, memakai earphone, dan mode Airplane. Sedangkan resolusi video yang diputar ialah 1080p. Cukup mengesankan, bukan?

3. Dual Kamera Belakang + Kamera Selfie Jumbo

Modul kamera belakang Vivo Y95 masih sama dengan yang dipunyai oleh Vivo Y91, yakni kamera ganda 13 MP beraperture f/2.2 dengan PDAF plus 2 MP f/2.4 dengan depth sensor.

Hasil tangkapannya pun dijamin sama dengan Y91 di mana gambar-gambarnya dapat menampilkan efek bokeh dengan rinci yang baik, khususnya saat situasi cahaya sedang bagus. Berikut misal hasil tangkapan kamera belakang Vivo Y95.

Dukungan kecerdasan produksi (AI) pada kamera pun sangat menolong dalam menghasilkan foto-foto yang berbobot | berbobot | berkualitas layaknya seorang profesional. Di samping itu, UI kamera Vivo Y95 juga diciptakan simpel di mana kamu dapat melihat nyaris semua pilihan dan fitur ketika mengoperasikan kamera. Bagi kamera selfie, Vivo Y95 dibuat bertolak belakang dengan Y91.

Sensornya lebih banyak yaitu 20 MP dengan aperture f/2.0. Dalam penyinaran yang baik, hasil kamera depan Vivo Y95 ini lumayan tajam dan dapat menampilkan lebih tidak sedikit detail wajahmu. Agar potret lebih unik untuk dibagikan, kamu dapat memperalatnya dengan memakai fitur AI Face Beauty.

4. Layar yang Cukup Memuaskan

Ponsel Vivo Y95 muncul dengan luas layar 6,22 inch dengan ukuran notch yang lebih kecil. Layarnya pun terlihat lebih lebar sebab rasio layar ke body-nya menjangkau ~82.9%. Resolusi layarnya ialah 720 x 1520 pixels dengan memakai rasio 19:9 ratio yang dapat menghasilkan kerapatan pixel sampai ~270 ppi.

Dengan situasi layar yang demikian dan dinamakan Vivo dengan All Ultra Screen, Y95 dapat menampilkan gambar yang tajam. Bahkan di bawah sinar matahari langsung, layar ponsel ini pun masih terlihat lumayan jelas. Pengalaman menyaksikan video atau bermain game dengan ponsel ini lumayan memuaskan penglihatanmu. Scrolling foto-foto di sosial media juga lumayan menyenangkan dilaksanakan dengan Vivo Y95 ini.

5. Desain yang Kece

Body unsur belakang ponsel ini diciptakan melengkung sampai-sampai terasanya nyaman ketika digenggam. Di samping itu, ada pilihan warna yang cantik guna Vivo Y95, yakni Starry Night, Nebula Purple, Aurora Red.

Gradasi warna yang diperlihatkan pun tampak kece dan mengkilap. Vivo Y95 dengan warna Starry Night dapat memberi kesan yang estetis seperti pemandangan luar antariksa yang menakjubkan. 6. Ada Fitur AI Game Mode.

Agar dapat menyerahkan pengalaman yang untuk pemakainya ketika bermain game, Vivo Y95 sudah dibekali dengan fitur AI Game Mode yang diperbaharui menjadi Game Assistant.

Fitur ini memungkinkanmu untuk meminimalisir interupsi yang barangkali terjadi ketika sedang menjalankan suatu permainan, laksana panggilan masuk yang sering dijadikan senjata untuk teman-temanmu yang nakal supaya kamu tidak konsentrasi bermain game.

Kamu juga bisa mengatur optimisasi untuk CPU dan RAM agar ponsel bisa memberikan performa terbaiknya untuk bermain game. Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi terganggu saat sedang bersenang-senang dengan permainan favoritmu di Vivo Y95.

7. Antarmuka yang Simpel

Vivo Y95 memakai OS Funtouch OS 4.5 berbasis Android Oreo 8.1. Antarmukanya barangkali akan tidak banyak membingungkan ketika kesatu kali digunakan. Jika sebelumnya anda harus men-swipe layar dari atas ke bawah untuk memperlihatkan shortcut dan toggle, kali ini anda harus melakukannya secara terbalik.

Namun, notifikasi bar tetap akan hadir di unsur atas tampilan. Di samping itu, terdapat fitur-fitur beda yang diangkut ponsel ini laksana AI Game Mode yang sudah diterangkan di atas, Jovi AI sebagai asisten virtual cerdas ponsel Vivo Y95, Smart Mirroring, serta Smart Split. Beberapa software pre-installed pun dapat anda temukan di ponsel ini dan barangkali bermanfaat untuk sebagian pemakai.

Kekurangan Vivo Y95

1. Absennya Fast Charging

Apakah anda akan kecewa atau tidak, tetapi absennya teknologi pengisian cepat di ponsel berdaya besar laksana Vivo Y95 memang patut dikecewakan. Hal tersebut karena anda akan memerlukan waktu lebih lama untuk memenuhi baterai ponsel ini hingga penuh.

Akan tetapi, menilik harga yang ditawarkannya tidak terlampau tinggi, anda usahakan lupakan masalah ini cepat-cepat. Sebagai komparasi kasar, Vivo V11 yang dibanderol dengan harga selama 1,5 kali lebih tinggi dibanding Vivo Y95 mempunyai kapasitas baterai melulu 3400 mAh.

Perangkat itu sudah membawa fitur pengisian cepat 18W dan dapat mengisi baterai dari 0% sampai 45% dalam waktu selama 30 menit. Jadi, kamu dapat sedikit mengira-ngira seberapa lama ponsel Vivo Y95 dengan baterai 4030 mAh bakal terisi penuh.

2. No Headset

Dalam paket penjualannya, kamu melulu akan mengejar ponsel Vivo Y95, charger, kabel data Micro USB, SIM ejector, casing transparan, serta kitab panduan. Jika kamu hendak mempunyai sebuah headset, anda perlu mengeluarkan ongkos lagi sebab barang itu tidak tergolong dalam paket penjualan Vivo Y95. Sepertinya casing dirasakan lebih urgen dari pada headset. Hal yang sama pun terjadi pada saudaranya Vivo Y91.

3. Layar Tidak Terlindungi

Layar Vivo Y95 yang lumayan lebar ini tidak dibentengi dengan screen protector semacam Gorilla Glass. Walaupun telah dilengkapi kaca film pelindung, tetapi kesan cemas akan goresan yang hadir pada layar dampak kontak dengan benda-benda yang lumayan tajam dapat saja dialami oleh semua pemilik ponsel ini. Sebagai informasi, harga jual Vivo Y95 sedang di angka Rp 3 jutaan dan absennya pelindung layar yang powerful memang lumayan disayangkan.

Kesimpulan

Baterai dan kamera ialah daya tarik dari Vivo Y95. Jika kamu tidak sedikit meluangkan masa-masa di luar ruangan dan senang mengabadikan momen-momen estetis yang anda lewati, maka ponsel ini dapat anda andalkan dengan baik.

Dengan resolusi layar yang melulu 720p, ponsel ini dapat memainkan game dengan grafis ringan sampai sedang dengan lancar. Walaupun sejumlah reviewer menuliskan harga yang ditawarkan guna ponsel ini tidak seimbang dengan chipset yang dibawanya, tetapi secara borongan ponsel ini lumayan memuaskan dan bisa diandalkan dengan lumayan baik sehari-harinya.

Tertarik dengan Vivo Y95? Jika tertarik, silakan beli Vivo Y95 di Bukalapak lewat link ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *