Kenapa Game PUBG diharamkan MUI Ini Penjelasan ?

Benarkah PUBG Haram Untuk Dimainkan

TeknoBlizt.com – Akhir-akhir ini anda dihebohkan dengan suatu berita mengejutkan yang membuat seluruh dunia menjadi gempar dan geger.

Wacana pemberian fatwa haram PUBG hadir kembali sesudah kejadian penembakan umat muslim di Selandia Baru (New Zealand) oleh sekelompok teroris rasis.

Dikabarkan Majelis Ulama Indonesia atau MUI terdapat wacana dalam memberi fatwa haram untuk PUBG. Benarkah demikian?

Sebenarnya, apa penyebab sampai game battle royale laksana PUBG dapat diberi fatwa haram? Apakah ini kabar hoax belaka dari sekelompok orang yang tidak menyenangi kesuksesan PUBG

Benarkah PUBG Haram Untuk Dimainkan?

pubg-haram

Sebelum wacana atau diskusi tentang fatwa haram guna PUBG hendak didiskusikan oleh MUI, disinggung seorang Ulama di Pakistan lebih dahulu menyerahkan FATWA HARAM untuk Game PUBG. Tentu, urusan ini membuat terkejut tidak sedikit pihak.

Banyak media lokal maupun internasional mengabarkan perihal PUBG yang menemukan fatwa haram oleh seorang sarjana Islam asal Pakistan.

Tentu berita ini hingga juga ke telinga Jaka dan pasti saja Admin mencoba menggali kebenaran dari berita ini.

Lantas, apakah fatwa haram terhadap PUBG ini sungguh-sungguh ada atau HOAX belaka?

Jawabannya dapat jadi benar, dapat jadi salah! Mengapa demikian?

Setelah dicari kebenarannya, ternyata ini hanyalah duplikasi berita dari yang pernah terjadi di tahun 2018 lalu.

Berita tentang fatwa haram PUBG sebetulnya bukanlah kisah baru. Sebelumnya pada Oktober 2018 lalu, berita ini pun sempat menciptakan heboh dunia.

Jadi, berita mengenai fatwa PUBG ini haram memang benar adanya. Tetapi ini adalah berita lama dan yang membuat fatwa haram PUBG ialah Profesor Syariah Islam Universitas Al-Azhar, Dr. Ahmed Karimah. Bukan seorang sarjana Islam di Pakistan.

Profesor Syariah Islam Universitas Al-Azhar, Dr. Ahmed Karimah. sendiri memberi fatwa haram untuk PUBG sebab sang Profesor berpikir bahwa “As long as something leads to something haram, then its haram (selama tersebut mengarahkan untuk sesuatu yang haram, maka tersebut tetap haram)” .

Oh iya, di samping itu, ketua Komite Fatwa Sulaymaniyah, Irak, Irfan Rasheed pun berencana menutup PUBG di Irak.

Kami belum tahu apakah itu akan dilarang secara agama atau tidak. Namun, setiap aktivitas tanpa aturan yang mempengaruhi kehidupan sosial, profesi, pendidikan, atau dapat menyia-nyiakan waktu seseorang, akan ditetapkan Haram (dilarang oleh aturan Islam)-Irfan Rasheed

Ia menuliskan bahwa batas lumrah bermain game selama 20 menit sehari. Tetapi PUBG dapat menjadi haram untuk murid yang membolos, pekerja yang tidak mengemban kewajibannya, dan karyawan yang performanya menurun sebab terlalu asyik bermain PUBG.

Irfan Rasheed pun mengklaim bahwa ia menerima tidak sedikit komplain dari orang-orang yang anggota keluarganya terlampau berlebihan menguras waktu bermain PUBG.

Tetapi sekali lagi, ini ialah berita yang dimuat pada tahun 2018 lalu. Sejauh ini belum terdapat update terbaru tentang larangan PUBG dalam Islam atau negara-negara Islam lainnya.

Lalu bagaimana dengan fatwa haram yang diberikan oleh MUI untuk game PUBG?

Banyak prasangka dari masyarakat bahwa kejadian terorisme yang terjadi di New Zealand terinspirasi dari game PUBG dan Fortnite, bahkan MUI Jawa Barat ikut angkat suara.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat, Rahmat Syafei menuliskan pihaknya masih bakal mengkaji akibat (negatif) game online PUBG.

Kalau terkait media sosial, sudah ada fatwanya, namun untuk game online itu menarik juga untuk dilakukan kajian. Kami belum melakukan penelitian, kata Rahmat Syafei.

Meski sampai ketika ini belum terdapat fatwa haram dari MUI tentang game PUBG, sepertinya nyaris seluruh dunia mulai mengevaluasi efek negatif dan kekerasan yang mungkin ditimbulkan dari game manapun, tergolong PUBG.

Terutama, aksi terorisme yang dilaksanakan di New Zealand memang suatu kejadian yang sama sekali tidak manusiawi dan paling merugikan orang yang tidak bersalah.

Itu tadi fakta mengenai fatwa haram bermain PUBG yang sempat heboh akhir-akhir ini.

Jadi, ini hoax ya, guys! Selama belum terdapat fatwa haram yang general untuk game PUBG, silakan bermain PUBG asal ibadah dan kegiatan lainnya tidak terbengkalai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *